tips melatih otak kanan



Bacalah mulai awal lagi kalau anda salah menyebutkan warna gambar diatas..

selain itu ada beberapa test untuk melatih otak kanan, yaitu :

Eight game
tulislah angka 8 (delapan) tidur atau simbol ? (tanda tanya) dengan tangan kiri dan kanan secara bersamaan. permainan ini bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.

Thumb game
acungkan jempol tangan kiri dan kelingking tangan kanan, sambil menyorongkan kedua tangan ke arah kanan. begitu juga sebaliknya, acungkan jempol tangan kanan dan kelingking tangan kiri. tujuan dari permainan ini untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan.

Pattern game
Gambarlah pola-pola tertentu di atas kertas kosong, dengan tangan kiri dan kanan secara bersama-sama, ke arah dalam, luar, atas, dan bawah. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, permainan unik ini juga dapat menggali potensi visual.

Specific crawl
Gerakkan tangan kanan serentak dengan kaki kiri. Kemudian balaslah, gerakkan tangan kiri serentak dengan kaki kanan. Idealnya, siku tangan menyentuh lutut. Iringi pula dengan lagu favorit. Selain bertujuan untuk menyeimbangkan syaraf motorik kiri dan syaraf motorik kanan, gerakan ini juga dapat membuat pikiran terbuka terhadap hal-hal yang baru.

Specific posturing
Bertumpu di lantai dengan lutut kiri dan tangan kanan. Sementara itu, kaki kanan diluruskan ke belakang dan tangan kiri diluruskan ke depan. Posisi ini bertujuan untuk mengaktifkan syaraf-syaraf tertentu secara umum dan otak kanan secara khusus.

Specific relaxing
Tips ini khusus anak-anak. Pertahankan posisi relaksasi setengah tengkurap. Biasakan pula posisi ini ketika anak tidur. Semakin dini, semakin baik. Biasakan pula posisi ini ketika anak sakit, sambil dipeluk oleh orang tua. Dengan demikian, otak anak berada dalam frekuensi alpha dan anak akan merasa damai karenanya.

Rotated reading
Balikkan sebuah tulisan (atas bawah), lalu bacalah tulisan tersebut dari kanan ke kiri.

0 komentar:

Posting Komentar