Arsenal Ingin Akhiri Mimpi Buruk


foto TEMPO Interaktif, London - Kemenangan Arsenal atas Shrewsburry di putaran ketiga Piala Carling pekan ini membuat beban pemain mulai berkurang. Penampilan buruk pada awal musim sedikit terobati karena kemenangan itu diraih bersama pemain muda. "Ini musim paling berat, tapi kami harus tetap optimistis," kata kapten Arsenal, Robin van Persie. Dia meminta rekan-rekannya bangkit untuk mengalahkan Bolton Wanderers malam ini dalam lanjutan Liga Primer Inggris.

Juara Liga Inggris 1998 ini memang tengah limbung setelah ditinggal dua pilar utamanya, Cesc Fabregas dan Samir Nasri. Dari lima partai awal liga, Arsenal baru sekali menang, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Setelah kalah telak 0-8 oleh Manchester United, Arsenal kembali tumbang di tangan Blackburn Rovers pekan lalu. Kekalahan 3-4 ini memicu cibiran karena dua gol lawan akibat bunuh diri pemain Arsenal. The Gunners terdampar di urutan ke-17 klasemen karena baru punya 5 poin.

"Situasi yang tidak kami harapkan kadang terjadi. Tapi kami sadar karena baru menjalani lima partai," kata Van Persie. Dia yakin timnya akan menemukan keseimbangan setelah melewati masa-masa sulit. "Ada jalan kembali ke jalur kemenangan," katanya. Van Persie menargetkan partai melawan Bolton nanti merupakan awal kebangkitan timnya, baik di liga domestik maupun Eropa. Apalagi Arsenal akan tampil dengan pasukan terbaiknya.

Jika jeli memanfaatkan situasi, Arsenal berpeluang besar mengalahkan Bolton. Kondisi Bolton tidak kalah kusut dibanding Arsenal. Selain kalah empat kali dari lima partai liga dan terdampar di urutan ke-19, posisi pelatih Owen Coyle terus digoyang pendukung The Trotters. Situasi semakin panas karena Coyle balik menuding bahwa suporter berlaku tidak adil. Situasi ini menjadi salah satu awal paling buruk yang pernah dialami Bolton.

Entah karena merasa senasib dengan Wenger, Coyle malah membela peracik strategi lawan itu dari cibiran publik. "Mereka konyol karena tidak paham situasi," katanya. Namun dia juga mengingatkan Wenger agar tidak mengusik Gary Cahill, andalan Bolton yang masuk radar Arsenal. Peringatan ini dipicu oleh keinginan Wenger memboyong Cahill pada Januari tahun depan.

Dalam lawatan ke Emirates Stadium malam ini, Coyle sudah bisa menurunkan Stuart Holden, yang absen enam bulan lantaran cedera. "Aku selalu katakan tim ini jauh lebih baik jika Holden ada di dalamnya," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar